Produk Barang Dan Jasa
Indikator Pembelajaran :
•Menjelaskan Pengertian Produk
•Membedakan karakteristik barang dan jasa
•Mengidentifikasi dan menjelaskan kualitas produk
1.Pengertian Produk
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada suatu pasa agar dipehatikan, diminta, dibeli, dan dikonsumsi sehingga dapat memuaskan kebutuhan.
Produk merupakan keluatan (output) dari suatu proses produksi yang berupa barang dan atau jasa.
2.Jenis/Macam Produk
Jenis Produk menurut sifat/intensitas kebutuhan pemakainya
Produk Primer : Produk utama yang dibutuhkan masyarakat , seperti rumah, makanan, dan pakaian.
Produk Sekunder (Penunjang) : Produk penunjang kehidupan masyarakat agar lebih baik, seperti Jasa Pendidikan, Produk Kesehatan, Telepon Genggam (HP), Komputer, radio, televise, dsb
Produk Tertiter : Produk kebutuhan pelengkap yang sifatnya mewah, seperti : mobil mewah,rumah mewah,home-teather,dll
Jenis Produk berdasarkan tujuan pemakainya
•Shopping Goods : memerlukan pertimbangan kualitas, harga, gaya kemasan, dan jenis
•Convinience Goods : bersifat mudah dicari bila diperlukan setiap saat dan tersedia di toko terdekat
•Speciality Goods : kebutuhan konsumen yang membutuhkan layanan khusus dan terdapat di toko tertentu
•Unsough Goods : barang yang tidak dicari dan pemasarannya dengan mendatangi konsumen
Barang menurut motivasi pembeli dan penggunaannya
•Consumer Goods : Barang yang dibeli untuk langsung dihabiskan.
•Industrial Goods : Barang (Bahan Baku) atau Bahan Mentah yang di beli untuk untuk diolah menjadi barang jadi atau barang setengah jadi.
•Business Goods : Barang yang dibeli untuk di jual kembali, dikombinasikan dengan barang lain, dibuat inovatif dan mencirikan perusahaan penjual.
3.PENGERTIAN JASA
Pengertian Jasa dan Jenis Jasa |Secara umum, jasa adalah pemberian suatu kinerja atau
tindakan tak kasar mata dan satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya jasa
diproduksi dan dikonsumsi secara bersamaan, di mana interaksi antara pemberi
jasa dan penerima jasa mempengaruhi hasil jasa tersebut. Dalam pengertian yang lain, jasa adalah kegiatan
yang dapat diidentifikasikan, yang bersifat tak teraba, yang direncanakan untuk
pemenuhan kepuasan konsumen. Untuk menghasilkan jasa mungkin perlu atau mungkin
juga tidak perlu penggunaan barang yang berwujud. Walaupun diperlukan barang
berwujud, akan tetapi tidak terdapat pemindahan hak milik atas benda tersebut.
Norman (1984) juga memberikan pengertian
jasa yaitu jasa terdiri dari tindakan dan
interaksi yang merupakan kontak sosial. Jasa lebih dan sekadar hasil sesuatu
yang tak terhalang, dan jasa merupakan interaksi
sosial antara produsen dan konsumen.
a. Karakteristik Barang dan jasa
BARANG
1.Berwujud (tangiable)
2.Produksi dan Konsumsi umumnya tidak bersamaan
3.Merupakan output (real) yang bernilai
4.Umumnya dihasilkan di pabrik (rumah Produksi)
5.Dapat disimpan sebagai persediaan (stock)
6.Terdapat pemindahan kepemilikan
7.Cenderung stabil, berdasar rasionalitas produsen (untuk produk pesanan bisa disesuaikan dengan keinginan konsumen)
8.Setelahproduk itu jadi maka akan terpisah dari alat produksinya
JASA
1.Tidak Berwujud (Intangiable)
2.Produksi dan konsumsi dilakukan bersamaan
3.Merupakan kegiatan atau proses dan hasil yang bernilai
4.Dihasilkan dari interaksi penjual dan pembeli
5.Tidak dapat disimpan sebagai persediaan (instorable)
6.Tidak terdapat pemindahan kepemilikan
7.Sangat fleksibel, mudah beubah-ubah, dan berbeda atau bisa disesuaikan dengan keinginan konsumen
8.Tidak dapat dipisahkan dari unsure sumbernya baik berupa orang, mesin, ataupun lainnya (Inseparability)
4.Aspek Kualitas Barang dan Jasa
BARANG
Durable : Daya Tahan
Attribute : Pelengkap, Fitur
Design : Model, Bentuk
Rashless : Kemudahan, efisien
JASA
Tangiable Aspect : Aspek-aspek yang berwujud
Assurance : Kecakapan, Profesionalisme, keahlian profesi
Reliable : Membuktikan Janji
Responsiveness : ketanggapan, kesigapan
Empathy : memahami pelanggan
Pengertian Kualitas
•Sesuai dengan persyaratan dan atribut yang melekat pada produk (utuh)
•Sesuai dengan cara penggunaan dan terjamin aman dan bermanfaat dalam penggunaan
•Diproduksi oleh perusahaan yang professional dibidang produksi jenis barang tersebut
•Bersertifikat aman, asli, dan terjamin (asuransi), diproduksi sesuai dengan standar mutu produk ybs.
•Mudah,hemat dan efisien dalam penggunaan.
Komponen Jasa
•Core Service : jasa utama suatu usaha
•Fasilitating Service : jasa tambahan
•Supporting Service : pelayanan pendukung
Ijin nyimak yah disini sambil ninggalin jejak
ReplyDeletejangan lupa komentar balik yah di blog ku vivici.net postingan artikelnya
Makasih banget atas informasinya
ReplyDelete