Tata cara menjadi seorang kasir

TATA CARA MENJADI SEORANG KASIR


Kasir adalah salah satu posisi yang sangat penting pada sebuah minimarket. Hal ini karena kasir merupakan orang yang berhadapan langsung dengan konsumen dan keuangan minimarket. Maka, orang yang layak menempati jabatan ini adalah dia yang berkepribadian baik, berpenampilan menarik serta teliti dan tidak ceroboh. Kasir yang sopan dan bisa melayani pelanggan dengan baik tentu akan mempermudah Anda mencapai target closing penjualan. Untuk itu, seorang kasir harus mengetahui apa tugas dan tanggung jawab mereka.

Berikut beberapa hal yang perlu dimiliki untuk menjadi seorang kasir

  • Murah senyum (5S)
  • Dapat merespon pertanyaan maupun keluhan dari pelanggan dengan cepat dan tepat
  • Memiliki sikap yang jujur dan dapat dipercaya oleh pelanggan maupun sesama rekan kerja ( Intergritas dan kredibilitas )
  • Memilki wawasan tentang produk atau barang yang dijual
  • Teliti
  • Bertanggung jawab 

Tugas menjadi seorang kasir
Seorang kasir harus memahami apa yang menjadi tugasnya agar bisa bekerja dengan baik. Tugas seorang kasir secara umum antara lain sebagai berikut :
  1. Menjalankan proses penjualan dan penerimaan pembayaran
  2. Mencatat setiap transaksi
  3. Membantu memberikan informasi mengenai suatu produk kepada pelanggan
  4. Melayani transaksi dan packing barang 
  5. Melakukan pengecekan barang sebelum menyerahkan ke pelanggan

Tanggung Jawab Seorang Kasir
Semua pekerjaan sudah seharusnya diselesaikan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Begitu juga kasir mempunyai tanggung jawab dalam menjalankan tugas-tugasnya. Berikut ini beberapa tanggung jawab kasir.

  • Bertanggung jawab terhadap transaksi penjualan
Mencatan setiap transaksi penjualan adalah tugas utama yang harus dilaksanan dengan penuh tanggung jawab oleh seorang kasir. Jika ada transaksi yang salah misalnya uang di laci kurang pada saat akan tutup shift atau tutup hari, maka kasir harus menggantinya.
  • Menyetorkan uang transaksi penjualan dan serah terima shift
Kasir harus segera menyetorkan uang hasil penjualan kepada atasannya beserta laporan atau bukti transaksi. Setelah itu, melakukan serah terima shift pada kasir di shift berikutnya. 
  • Memberikan laporan pada atasan
Jika ada sesuatu hal yang kurang dipahami, sebaiknya segera melapor kepada atasan karena untuk menghindari kesalahan yang fatal dan sesegera mungkin dilakukan pencegahan sehingga risiko kerugian bisa diminimalkan.

Related Posts:

0 Response to "Tata cara menjadi seorang kasir"

Post a Comment